Inilah 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Indonesia memiliki banyak gunung dan diantaranya masih ada yang aktif.Indonesia juga banyak memiliki gunung yang tingi dan 4 di antaranya gunung tertinggi yang terdapat di Indonesia terdapat di Papua. Tetapi bagi para pendaki gunung ketinggian bukanlah sesuatu yang menakutkan akan tetapi merupakan sesuatu yang menantang dan menarik untuk di taklukakan.Inilah 10 gunug tertinggi yang ada di Indonesia.

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya, (Papua)

Gunung tertinggi yang peetama adalah puncak Jaya memiliki ketinggian hingga 4.884 meter di atas permukaan laut. Sehingga bagian atas Puncak Jaya tidak pernah terhindar oleh salju. Puncak Jaya menjadi satu dari sedikit tempat bersalju yang ada di negara kita. Puncak Jaya masuk ke dalam daftar 7 Summits atau 7 Puncak. Sehungga tidak banyak pendaki yang dapat menaklukanya dengan sukses.

Puncak Jaya
Puncak Jaya
2. Puncak Mandala, (Papua)
Gunung tertinggi kedua di Indonesia adalah Puncak Mandala yang juga berada di Papua. Gunung yang memiliki ketinggian 4.760 meter ini adalah bagian dari Pegunungan Jayawijaya di bagian timur Papua. Sekitar tahun 1990, kawasan tertinggi ini kerap tertutup oleh salju, tetapi salju tersebut mencair akibat dari global warming . Namun sejak tahun 2003, salju tak lagi terlihat menutupi titik tertinggi kedua di Indonesia dan Oseania tersebut. Namun,dan Puncak Mandala juga merupakan tantangan yang sulit bagi para pendaki gunung dari dalam dan luar Indonesia.

Lokasi Puncak Mandala di Google Earth

3. Puncak Trikora, Papua
Gunung tertinggi di Indonesia yang ke tiga Masih di berada Papua, tepatnya Puncak Trikora (Wilhemina Peak) yang dapat kita temukan di sebelah timur Barisan Sudirman. Mirip seperti Puncak Mandala,  yang dulunya juga merupakan salah satu puncak tertinggi di Papua ini dulunya diselimuti oleh salju namun sejak tahun 1962, sudah tidak terlihat salju di Puncak Trikora. Puncak Trikora yang mamilki ketinggian 4.750 gini sehinga pernah dianggap sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Namun, data dari SRTM (Shuttle Radar Topography Mission) menunjukkan bahwa Puncak Trikora kalah tinggi dari ketinggian Puncak Mandala.
Puncak Trikora di Google Earth
Lokasi Puncak Trikora di Google Earth
4. Ngga Pilimsit, (Papua)
Ngga Pilimsit berada di kompleks pegunungan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi lainnya di Papua dan Indonesia. Berdasarkan ketinggiannya Gunung Ngga Pilimsit ini hanya lebih rendah sekitar puluhan meter. Gunung Ngga Pilimisit ini memiliki ketinggian maksimal 4.717 meter di atas permukaan laut. Letak gunung yang dulunya dikenal dengan nama Gunung Idenburg tersebut berada di bagian barat pegunungan Maoke, Papua. Gunung Ngga Pilimsit berjarak sekitar 21 km ke arah timur laut dari pemuncak tahta gunung tertinggi di Indonesia, lebih tepatnya di Puncak Jaya.
Lokasi Ngga Pilimsit di Google Earth
Lokasi Ngga Pilimsit di Google Earth
5. Gunung Kerinci, (Jambi)
Tak hanya Papua, Pulau Sumatera juga memiliki pegunungan dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter. Salah satunya Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian maksimal 3.805 meter sehingga tercatat sebagai gunung tertinggi di Sumatera dan gunung tertinggi ke-5 di Indonesia. Gunung  ini berlokasi di wilayah Kerinci provinsi Jambi. Terletak di pegunungan Bukit Barisan yang berada diwilayah Sumatera Barat dan Jambi. Selain menjadi gunung yang tertinggi di Sumatra ,  gunung ini juga menjadi habitat dari beberapa satwa langka seperti harimau dan badak Sumatera.

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci
6. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani menjulang indah di salah satu surga wisata Indonesia yaitu Lombok. Selain menjadi salah satu bagian gunung yang tertinggi di Indonesia , gunung juga sering yang disebut-sebut sebagai gunung terindah di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. Panorama Gunung Rinjani telah mengundang banyak pencinta alam dan penikmat fotografi untuk mendaki. Salah satu bagian gunung ini juga terdapat danau kawah bernama Segara Anak yang menyempurnakan keindahan Gunung Rinjani di mata para pendaki. Walaupun gunung ini berada di ketinggian ribuan kilometer, air di Segara Anak tak terasa dingin karena adanya hawa panas dari dasar Gunung Rinjani.
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
7. Gunung Semeru, Jawa Timur
Menjulang setinggi 3.676 meter, Gunung Semeru (Mahameru) tercatat sebagai gunung tertinggi di seluruh wilayah Pulau Jawa. Seperti halnya juga dengan gunung lain Gunung Semeru ini telah membuat penasaran para pendaki dari dalam dan luar negeri. Tetapi di sisi lain gunug ini memiliki kepopuleran yang semakin meningkat setelah beredarnya film “5 cm” yang menceritakan perjuangan 5 sahabat yang berusaha mencapai Puncak Mahameru. Bukanlah hal yang mudah untuk melakukan pendakian gunung ini , Karena mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mendaki dan menuruni gunung ini bisa mencapai 4 hari.
Gunung Semeru
Gunung Semeru
8. Gunung Sanggar
Gunung Sanggar berada di kompleks pegunungan yang sama dengan Gunung Rinjani. Tinggi gunung ini mencapai 3.492 meter di atas permukaan laut. Tetapi meski termasuk ke dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia, namun Gunung Sanggar kurang menarik minat para pendaki dibanding gunung lainnya. Karena perhatian para pendaki sudah terfokus pada Gunung Rinjani yang lebih menonjol dari Gunung Sanggar.Lokasi Gunung Sanggar di Google Earth
Lokasi Gunung Sanggar di Google Earth
9. Gunung Rantemario, Sulawesi Selatan
Gunung Rantemario yang berada di Sulawesi Selatan ini, juga dikenal dengan sebutan Bulu Rantemario atau Bulu Rantemario memiliki  ketinggian 3.478 meter, Meskipun memiliki ketinggian 3.478 namun, ada pendapat lain yang mengatakan Gunung Rantemario kalah tinggi dibanding Gunung Rantekombola yang terletak di wilayah pegunungan yang sama.
Bulu Rantemario
Bulu Rantemario
10. Gunung Slamet, Jawa Tengah
Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan pendakian terpopuler. Keberadaan Gunung berapi aktif di perbatasan Kabupten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang ini terkenal dengan pemandanganya yang indah, meski medan pendakiannya cukup sulit. Di kaki Gunung Slamet,juga  terdapat objek wisata Baturraden yang menjadi andalan pariwisata kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas.
Gunung Slamet
Gunung Slamet

1 komentar:

  1. Thanks for sharing...
    perkenalkan kami (protase) produksi tas seminar, yg berada di jogja
    Kami melayani pesanan tas dalam partai besar maupun kecil. memproduksi berbagai macam produk tas yang berkualitas untuk keperluan seperti Tas Ransel, Tas Slempang, Tas Kantor, Tas Laptop, Tas Pakaian, Softcase, Tas Promosi, Tas Wanita, dll. Kami juga menerima pesanan tas dengan desain anda sendiri.

    BalasHapus